Komputer Bebas dari Virus (Episode ke 2) Part 1

Sekarang kita lanjutkan lagi langkah2 untuk membebaskan komputer dari serangan virus. Sesuai dengan tulisan saya yang sebelumnya (Komputer Bebas dari Virus (Episode ke 1)) komputer harus dalam keadaan bersih dari virus dan sudah lengkap dengan software2 pendukung. Kalau belum lengkap silahkan dilengkapi dulu, kalau ga punya file master software2nya, diblog ini beri link ke file master software yang mungkin anda butuhkan. Kalau ga ada dibog saya ini, ya GOOGLING aja (maksudnya cari di google.com gtchu …..). kalau ga ada juga pinjem ma temen, kalau masih ga ada juga, ya ga usah lah, emang nyari apasih? Jangan nyari yang memang ga ada yaa……

Langkah selanjutnya yang akan saya bahas adalah mempartisi hardisk dikomputer. Minimal di windows explorer terlihat ada 2 disk drive (misalnya C:/ dan D:/ ). Kalau misalnya sudah lebih dari 1 partisi ya silahkan langsung saja membaca tulisan saya selanjutnya di Komputer Bebas dari Virus (Episode ke 3). Langkah ini dilakukan membuat beberapa drive, pertama dan yang paling penting adalah drive untuk file sytem Windows yang biasanya memapai drive C:/. Drive yang lain (drive D:/ , E:/ , F:/ dan seterusnya) adalah untuk menyimpan data kita.

Untuk melakukan langkah ini memerlukan sebuah software yaitu Partition Magic, terserah mau versi berapa saja yang penting yang full / premium, jangan yang trial. Soalnya saya ga tahu yang trial bisa mempartisi hardisk pa ga. Kebetulan yang saya pakae adalah Partition Magic Versi 8.0. tampilannya seperti ini :

 

Kebetulan dikomputer saya sudah terbagi menjadi 3 partisi yaitu Drive C:/ , D:/ , dan E:/ seperti terlihat pada gambar diatas. Tapi bagi komputer yang belum dipartisi silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk membagi hardisk menjadi beberapa Drive.


Membuat ruang kosong untuk Drive yang baru :

1. Buka program Partition Magic 8.0
2. Pada panel sebelah kanan klik Pick a Task … klik Resize a Partition. Ini dilakukan untuk membuat tempat kosong yang nantinya dipakai untuk membuat drive yang baru.

 

3. Lalu muncul layar Resize partition, klik tombol Next

 

4. Lalu muncul pilihan Drive yang akan dipartisi, silahkan pilih drive yang mau dipartisi, misalnya Drive C:/, lalu klik Next

 

5. Lalu muncul layar untuk menentukan ukuran Drive yang akan dipartisi. Misalnya Drive C:/ yang akan dipartisi ukurannya 10GB akan dibagi menjadi 2 Drive maka masukkan angka dikotak isian 5000 MB. Klik tombol Next ….

 

6. Pada layar selanjutnya akan ditanyakan apakah akan membagi drive lain …. Kalau tidak melakukan partisi untuk drive yang lain (karena memang drive yang ada cuma satu) maka hilangkan centang pada Drive2 yang lain. Klik tombol Netx lagi ….

 

7. Terakhir akan muncul layar bahwa sudah tersedia ruang kosong untuk membuat drive baru. Pada layar terlihat sebelum dan sesudah. Kalau sudah jelas klik tombol FINISH.


 
BERSAMBUNG 



By Mulyono, S.Pd

http://muly0n0.blogspot.com

math_mul@yahoo.com

mulyonospd@gmail.com

Tidak ada komentar: