Komputer Bebas dari Virus (Episode ke 1)

PENDAHULUAN

Mungkin banyak orang suka mencari2 anti virus yg paling ampuh atau paling manjur untuk menjga komputernya dari serangan virus, mulai dari yang gratis alias free edition maupun yang premium (harus mbayar dulu / harus beli lisensinya) baik anti virus luar maupun anti virus lokal buatan anak negri. Namun menurut saya penggunaan anti virus ini tidaklah efisien, karena sudah pasti membutuhkan memori yang tidak sedikit dan bekarja secara terus – menerus, sekaligus juga memakan kapasitas hardisk komputer kita.

Bukannya saya tidak percaya sama yang namanya anti virus atau menganggapnya tidak berguna, namun mungkin karena kita harus update sesering mungkin, bahkan ada anti virus yang selalu update setiap hari. Padahal komputer tidak terkoneksi ke internet. Maka kadang males menggunakan anti virus, apalagi sekarang tidak sedikit jenis2 / merek2nya. Pusing……..!!!!

Oleh karena itu, dari dulu sampai sekarang saya mengetik tulisan inipun tidak pernah memasang yang namanya anti virus. Memang kadang banyak juga temen yang suka bertanya, btw memakai anti virus apa? Saya sih jawab dengan santae saja, saya ga pernah tuh yang namanya pke anti virus apalagi nyimpen file update-an tiap minggu. Boro-boro….

Emang ga takut komputer kena virus?? (mungkin salah satu dari anda juga bertanya yang sama). Jawaban saya, ya ga lah…. Masa ga dong … (hehehehe …) kn saya sudah tahu cara antisipasinya. Lalu gumana cara antisipasinya ?? (sabar donk, pertanyaannya banyak bgt kaya wartwan aj). Ya nih sekarang saya jawab deh …. Mungkin bagi beberapa orang sudah kenal sama yang namanya DEEP FREEZE, intinya saya memakai program ini untuk mengamankan komputer dari serangan virus.

Cara kerja dari software Deep Freeze ini adalah mengunci semua settingan windows, mengunci semua file dari penghapusan / ganti nama. Bahkan untuk settingan resolusi layarpun dikunci. Soalnya saya sudah pernah nyoba, saya ganti ternyata kembali lagi seperti semula. Contohnya jika salah seorang pengguna komputer mengganti gambar wallpaper atau mengganti thema windows maka setelah windows direstart secara otomatis settingan akan kembali seperti semula. Nah, begitu juga jika salah membuka file Virus, ga usah takut ga usah bingung komputer akan melambat atau program pada tidak bisa kebuka, nyantai aja…. Klik tombol START > TURN OFF COMPUTER > TURN OFF …. REBES………………….. eh BERES ….. Komputer kembali fresh tanpa virus… gampang kan ….

Langkah2 yang harus dilakukan supaya komputer bebas dari virus tanpa menggunakan anti virus adalah sebagai berikut :

Pastikan bahwa komputer yang akan diantisipasi dari serangan virus benar2 dalam kondisi freshh tanpa terjangkit virus apapun, kalau misalnya komputer sudah kerasukan virus, saran saya sih install ulang saja, paling 1 – 2 jam juga selesai. Karena kalau komputer sudah terkena virus truss mengikuti langkah2 dibawah ini percuma saja, malahan virus akan tetap hidup walaupun sudah discan dengan anti virus yang harganya jutaan (ada pa ga yaa……!!)

Install dulu software2 pendukung penggunaan komputer, misalnya MS Office (Word, Exel, Power Point, dll), PDF Reader, Trans Tool, WinRar / Winzip, Program Pengolah gambar, pengolah file musik, pengolah file video, atau software yang lain lah…. Terserah anda sebagai usernya yang lebih tahu, pasti komputer yang satu dengan komputer orang lain kebutuhanya berbeda2.

Oke, mungkin itu dulu sebagai pendahuluan tulisan saya ini, untuk langkah selanjutnya silahkan baca di Komputer Bebas dari Virus (Episode ke 2)



By Mulyono, S.Pd
http://muly0n0.blogspot.com/
math_mul@yahoo.com
mulyonospd@gmail.com

Tidak ada komentar: